Sabtu, 11 Februari 2012

Bore-Up Yamaha Byson jadi 225cc

225 cc
Ubahan utama agar jadi 225 cc, piston Yamaha Scorpio (70 mm), menggantikan standarnya yang hanya 58 mm. Kalau dihitung kapasitas murninya 222,7 cc.
pertama tentu mesti ganti boring. Kedua, piston dipapas agar enggak nongol dari permukaan silinder, lalu penmesti ditambah bos lantaran beda ukuran, Byson 15 mm sedang Scorpio 16 mm. Untuk blok masih ditambah paking 2 mm, biar piston tak membentur kepala silinder. 
 
Ubahan tambahannya menyentuh cylinder head, tak cukup porting & polish saja, Abi memperbesar ukuran klep dari 28/24 jadi 34/28 mm yang dicomot dari klep mobil. Pastinya bikin pasokan campuran bensin dan udara lebih melimpah, melayani sedotan piston yang besar.

Apalagi setelah ditambah ubahan kem, dengan menaikkan lift. “Profilnya dibikin mirip kem Scorpio, tapi ditambah 0,1 mm. Di kem kalau diukur untuk in 6,5 mm dan ex 6,3 mm, ”terang pria 36 tahun pada paket yang dibanderol Rp 2,75 juta ini. Dengan uang segitu, sudah dapat juga intake manifold dan tensioner custom.
 
“Kalau mau lebih maksimal, mesti tambah pakai knalpot custom dan ganti karbu Keihin PE 28 atau copotan Scorpio,”  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.